Peran seorang Shadow Teacher dalam mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus di kelas


By Derekoo Irfan Amanullah

Orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) seringkali khawatir tentang pendidikan anaknya di sekolah. Utamanya karena perbandingan antara jumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) berbeda jauh dengan jumlah ABK yang mengakibatkan penyebaran pendidikan ABK menjadi tidak merata.

Di dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) no. 70 / 2009 mencanangkan pendidikan inklusi sebagai sebuah sistem pendidikan yang memberikan kesempatan bagi ABK untuk mengikuti pendidikan secara bersama-sama peserta didik lain di dalam sekolah umum/reguler.

Adapun tujuan dari konsep pendidikan inklusi ini lebih kepada agar tidak membedakan ABK dengan anak-anak tipikal, selain itu juga membiasakan anak tipikal untuk berinteraksi dan menerima ABK di tengah lingkup masyarakat.


PEMAHAMAN SHADOW TEACHER

Program pendidikan inklusi memunculkan satu metode yang berfungsi untuk mendukung ABK dalam belajar di sekolah reguler, yaitu shadow teacher.

Shadow teacher sendiri adalah seorang guru pendamping yang pekerjaannya adalah secara langsung mendampingi anak berkebutuhan khusus, khususnya selama masa prasekolah dan sekolah dasar.

Konsultasi Gratis ! klik di sini 

Adapun peran dari shadow teacher adalah memahami berbagai macam kesulitan belajar anak serta mencari cara menangani anak berkebutuhan khusus dengan baik di kondisi kelas yang memungkinkan anak untuk menerima perhatian khusus yang anak butuhkan.

Shadow teacher sendiri dilatih secara khusus untuk menjembatani anak dalam berinteraksi dengan orang lain dan membantu mereka memahami pelajaran di kelas.

Sistem komunikasi dan kerjasama yang tercipta antara shadow teacher, guru kelas, dan orang tua ABK sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan anak.

Guru / wali kelas dan konselor sekolah bekerjasama dengan shadow teacher dalam melayani siswa serta menanamkan sikap tanggung jawab, mendorong kemandirian dan mendorong siswa dalam belajar.

Di Negara Amerika, shadow teacher juga dipekerjakan oleh orangtua ABK untuk bekerja mendampingi anak-anak mereka di kelas selama pelajaran berlangsung.

APA MANFAAT SHADOW TEACHER?

Pendampingan shadow teacher di kelas akan dapat meningkatkan kualitas anak dalam pengalaman belajarnya. Dengan bantuan para ahli, anak diharapkan akan meningkat kemampuannya dalam hal komunikasi, partisipasi di kelas, sosialisasi dengan teman dan guru, dan menunjukkan nilai-nilai seperti sopan santun kepada orang lain.

Guru kelas masih merupakan guru utama anak dalam mengajar di kelas. Namun demikian, guru tersebut tidak memiliki kemampuan khusus seperti halnya shadow teacher dalam mengajar ABK.

KERJASAMA DALAM MENANGANI MURID

Shadow teacher bisa bekerja di bawah arahan dari sekolah, orangtua, atau pihak ketiga seperti Sabri Learning Process. Namun demikian, pada prakteknya di kelas, shadow teacher tetap di bawah koordinasi guru kelas dan di bawah pengawasan kepala sekolah.

Berikut tiga tindakan yang dibutuhkan masing-masing kepala sekolah, guru kelas, dan shadow teacher untuk membuat program pembelajaran inklusi dapat berjalan dengan baik.

1. Perencanaan
    Tahapan ini dilakukan oleh kepala sekolah, dimana Kepala sekolah akan menetapkan visi, peranan, tujuan dari pendampingan, dan definisi kontribusi masing-masing pihak dalam proses pembelajaran

2. Persiapan
    Dalam tahapan ini, Guru akan memberitahu shadow teacher mengenai ketrampilan dan atau pengetahuan apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung siswa untuk berkembang, berikut konsep pembelajaran seperti apa yang diinginkan selama tahun ajaran

3. Pelaksanaan
    Guru pendamping kelas atau shadow teacher akan mendampingi murid untuk menangani setiap rintangan di kelas, berikut semua ketidakpastian di tahapan awal perkembangan pengetahuan dan keterampilan murid

Butuh jasa Shadow Teacher area Surabaya dan sekitarnya? klik link berikut

Tanggung Jawab Guru meliputi perencanaan dan pengawasan instruksi yang diberikan ke murid, menjaga interaksi murid ABK dengan teman-teman sekelasnya, melakukan modifikasi kurikulum sesuai kebutuhan siswa berikut akomodasinya juga, memberi masukan secara berkala terhadap pihak shadow teacher demi kemajuan murid, melaporkan kemajuan murid di area akademis, perilaku dan interaksi sosialisasi, menjalin kerjasama dengan orang tua, kepala sekolah dan shadow teacher yang konsisten

Sedangkan tanggung Jawab dari Shadow Teacher meliputi mendukung murid untuk berpartisipasi dalam merespon setiap instruksi, Menjaga kedekatan dengan memastikan bahwa shadow teacher hanya melakukan intervensi saat benar-benar dibutuhkan di kelas, Memastikan setiap modifikasi kurikulum dilakukan dan disediakan sesuai dengan akomodasi yang direkomendasikan, bersikap responsif terhadap setiap anjuran dari guru kelas dan kepala sekolah terkait kemajuan murid, melaporkan setiap perkembangan murid, khususnya di area akademis, perilaku, daily activity, sosialisasi, memperluas hubungan dengan orang tua, guru kelas, guru pelajaran, dan kepala sekolah

Kepala sekolah sendiri lebih berfungsi sebagai pihak yang meningkatkan efektifitas dari shadow teacher, dengan cara sebagai berikut :

1. Mempererat hubungan baik antara pihak orangtua, penyedia layanan, guru kelas, shadow teacher berikut murid ABK itu sendiri melalui komunikasi yang baik, demi mencapai tujuan dan sasaran perkembangan murid

2. Memberikan fasilitas, akomodasi, dan informasi yang dibutuhkan guru kelas dan shadow teacher untuk mempersiapkan dan mendukung partisipasi aktif murid

3. Mengatur waktu dan sarana komunikasi secara berkala dengan pihak orangtua, penyedia layanan, guru kelas, guru pelajaran, dan shadow teacher terkait

4. Mengawasi aktif terhadap efektifitas kinerja shadow teacher dan perkembangan murid di kelas

Masih ragu? tonton aja dulu video materi-materi kita di sini

Penerapan metode Shadow teacher masih jarang dalam program inklusi di Indonesia. Tenaga pengajarnya sendiri sedikit sekali yang menggunakan sistem ini, padahal metode ini akan sangat membantu murid ABK dalam menemukan potensi mereka, sehingga mereka dapat mengembangkannya dengan lebih optimal.

Sabri Learning Process hadir memberikan terapi dan pendampingan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya dan Sidoarjo. 

Sejak tahun 2013 sampai dengan 2020, sudah 7 tahun kami melakukan Terapi ABK dan Pendampingan Shadow Teacher di Sekolah terhadap ratusan murid Anak Berkebutuhan Khusus kami, dengan berbagai hambatan tumbuh kembang mulai dari keterlambatan bicara, permasalahan gadget, sampai dengan Autism (ASD), ADHD, Learning Difficulties, Down Syndrome, dan masih banyak lagi. 

Keunggulan kami ada di materi pelatihan dan pembelajaran, dimana kami memberikan materi yang berbeda untuk setiap murid ABK, yang disesuaikan setiap bulannya menurut kebutuhan dan gaya belajar anak. 

Salah satu program utama kami adalah Home Training. Home Training adalah model terapi ABK yang sedang diminati di era New Normal seperti saat ini, khususnya di Surabaya dan Sidoarjo, dimana Shadow Teacher yang akan datang ke rumah murid untuk melakukan terapi. 

Tunggu apa lagi? segera daftarkan anak anda di WA kami 082244822363 untuk memulai terapi rumah anda bersama Sabri Learning Process, dan mari bersama-sama kita tingkatkan kemampuan tumbuh kembang ananda.

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA