Home Visit, sebuah langkah awal


Home Visit, sebuah langkah awal


Setiap anak itu berbeda. Itu hal pertama yang harus kita sepakati bersama. Sehingga sebelum kita bicara lebih dalam bagaimana menangani permasalahan tumbuh-kembang dari setiap anak, langkah pertama yang kita lakukan adalah mengambil waktu untuk lebih mengenali satu anak di depan anda.

Sabri Learning Process sebagai pihak ketiga, tentu tidak bisa serta merta mengenali profile setiap muridnya secara valid. Saat inilah kita butuh Home Visit.

Home Visit adalah tahapan pertama dari 3 tahapan penanganan bulan pertama di Sabri Learning Process, apapun program yang sedang dijalani ananda. Dimana kita akan mengunjungi rumah/sekolah ananda, melakukan interview dengan orangtua/guru kelas, dan observasi lingkungan sekitar.

Di sesi interview, kita akan menggali sejarah ananda dari proses kelahiran sampai dengan sekarang. Pertanyaan demi pertanyaan akan bergulir secara natural seiring arah pembicaraan. Penting bagi Sabri Learning Process untuk memahami sudut pandang setiap orangtua dan orang-orang terdekatnya

Jika ananda sudah bersekolah, Sabri Learning Process juga akan mengunjungi sekolah ananda, demi mencapai gambaran yang lebih holistic tentang kehidupan ananda. Namun demikian, poin ini sepenuhnya dengan persetujuan dari pihak sekolah, karena tidak semua sekolah bisa terbuka dengan pihak ketiga, dan hal tersebut sangat bisa dipahami.

Sesi observasi sebisa mungkin berjalan secara simultan dengan interview, dengan minim interaksi antara ananda dengan Sabri Learning Process. Fokus kita adalah melihat ananda secara langsung, dan bagaimana interaksinya dengan orangtua dan orang-orang terdekatnya. Akan lebih bagus jika ditambahkan info video kegiatan-kegiatan yang ananda pernah lakukan di titik ternyamannya.

Hal ini penting untuk memberikan profile yang valid, sekaligus menciptakan rasa aman bagi ananda, karena tidak semua anak berkebutuhan khusus terbuka dengan orang yang baru dikenalnya.

Sesi Home Visit ini bersifat bebas, tanpa ikatan, tanpa biaya. Fungsi dan tujuannya murni untuk menjalin hubungan baik selama 1 jam. Sebagai langkah pertama, tugas kita adalah mencatat profile ananda, menjabarkan setiap opsi dan rekomendasi. Langkah kedua sepenuhnya kembali ke orangtua.


SEO
Sabri Learning Process hadir memberikan terapi dan pendampingan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya dan Sidoarjo. Sejak tahun 2013 sampai dengan 2020, sudah 7 tahun kami melakukan Terapi ABK dan Pendampingan Shadow Teacher di Sekolah terhadap ratusan murid Anak Berkebutuhan Khusus kami, dengan berbagai hambatan tumbuh kembang mulai dari keterlambatan bicara, permasalahan gadget, sampai dengan Autism (ASD), ADHD, Learning Difficulties, Down Syndrome, dan masih banyak lagi. Keunggulan kami ada di materi pelatihan dan pembelajaran, dimana kami memberikan materi yang berbeda untuk setiap murid ABK, yang disesuaikan setiap bulannya menurut kebutuhan dan gaya belajar anak. Salah satu program utama kami adalah Home Training. Home Training adalah model terapi ABK yang sedang diminati di era New Normal seperti saat ini, khususnya di Surabaya dan Sidoarjo, dimana Shadow Teacher yang akan datang ke rumah murid untuk melakukan terapi. Tunggu apa lagi? segera daftarkan anak anda di WA kami 082244822363 untuk memulai terapi rumah anda bersama Sabri Learning Process, dan mari bersama-sama kita tingkatkan kemampuan tumbuh kembang ananda.

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA