Cara menjadi Shadow Teacher di Sabri Learning Process

By Derekoo Irfan Amanullah


CARA MENJADI SHADOW TEACHER DI SABRI LEARNING PROCESS - Anda sedang mencari Shadow Teacher untuk anak anda? Atau mungkin anda sendiri sedang merintis karir sebagai seorang Shadow Teacher? Berikut prosedur yang dilakukan di Sabri Learning Process dalam rangka mencari dan melatih Shadow Teacher yang kompeten dan bertanggungjawab.

Semoga bisa menginspirasi.

Fakta di Lapangan

Berdasarkan pengamatan di lapangan, Shadow Teacher di Surabaya datang dari berbagai macam latar belakang, bahkan ada beberapa orangtua yang turun sendiri mendampingi anaknya di Sekolah.

Banyak juga Shadow Teacher yang datang dari latar belakang yang tidak linier, seperti Psikologi, Pendidikan Luar Biasa, dan lain lain. Kebanyakan Shadow Teacher tersebut berangkat dari latar belakang guru, atau berada di naungan lembaga atau klinik tertentu.

Hal ini lumrah terjadi di Surabaya, atas 2(dua) alasan pembenar.

Pertama, karena kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang tinggi dan tidak sebanding dengan jumlah Shadow Teacher yang berlatar belakang pendidikan linier.

Kedua, karena sebenarnya di lapangan Shadow Teacher akan belajar banyak sekali hal baru yang kurang relevan dengan teori yang diajarkan.

ABK perlu metode-metode khusus untuk mendukung ananda dalam mengikuti pembelajaran di sekolah, dan solusi terhadap 1(satu) anak belum tentu bisa diterapkan ke anak yang lain. Selain dari jasa Shadow Teacher, Sabri Learning Process juga memfasilitasi Home Training (Pelatihan intensif di rumah), Homeschooling, dan penggunaan Individual Education Plan (IEP) di sekolah inklusi, bagi murid yang membutuhkan.

Butuh homeschooling untuk ABK? Klik link ini

Menurut www.pijarpsikologi.org peran shadow teacher yaitu memahami berbagai kesulitan belajar serta cara menangani anak berkebutuhan khusus dengan baik dan memungkinkan anak untuk menerima perhatian khusus yang anak butuhkan.

Lalu? apakah semua orang bisa dengan mudahnya menjadi Shadow Teacher untuk Anak Berkebutuhan Khusus? Sayangnya demikian fakta di lapangan.

Syarat Administratif

Oleh karena itu, kredibilitas dan jam terbang lembaga dan klinik yang menaungi Shadow Teacher tersebut juga harus dipertimbangkan. Di Sabri Learning Process sendiri, kita memiliki 2 syarat yang kita butuhkan dari semua pelamar yang datang, yaitu syarat administratif dan syarat komitmen.

Syarat administratif terdiri dari :

A)    Suka anak-anak
        Ini poin penting. Beberapa kali Sabri Learning Process menerima guru dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang cukup berbobot, tapi kenyataannya kinerja di lapangan kurang maksimal, karena sang guru hanya menganggap shadow teacher sebagai sebuah pekerjaan, dan bukan passionnya.

B)    Pendidikan minimal S1
        Seperti yang disampaikan sebelumnya, semua orang memiliki potensi untuk menjadi seorang Shadow Teacher yang kompeten. Namun demikian, lulusan S1 akan menjamin beberapa poin, seperti komitmen waktu (tidak terganggu dengan kegiatan sekolah/kuliah), dan tingkat kematangan berpikir seseorang.

C)    Serius dalam bekerja
        Inilah poin terpenting dalam syarat administratif, karena seseorang yang serius dalam bekerja akan cenderung lebih cepat dalam berkembang. Termasuk di dalamnya, ketepatan waktu datang interview (tidak terlalu cepat dan tidak terlambat berlebihan), cara berpakaian yang sopan, cara berbicara yang sopan, mandiri, dan memiliki inisiatif kerja seperti memahami product knowledge tentang pekerjaan seorang Shadow Teacher dan apa itu Sabri Learning Process.

Klik link ini untuk menonton video tutorial tentang bagaimana melatih Anak Berkebutuhan Khusus.

Syarat administrasi ini sebenarnya sifatnya cukup mendasar tapi tidak boleh terlewatkan, karena syarat-syarat inilah yang menandakan calon Shadow Teacher siap untuk melangkah ke tahapan berikutnya, yaitu syarat komitmen.

4 Komitmen Dasar

Setiap calon Shadow Teacher yang sudah melewati syarat administrasi, akan dipanggil untuk sesi interview. Sedangkan tujuan dari sesi ini adalah untuk memahamkan kepada calon Shadow Teacher tentang apa itu dunia Anak Berkebutuhan Khusus dan bagaimana kita bisa berperan di dalamnya.

Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus membutuhkan fokus dan disiplin tinggi, sehingga Sabri Learning Process menetapkan 4 Komitmen Dasar sebagai pedoman bagi setiap Shadow Teacher di lapangan untuk bisa menyamakan visi, misi, dan persepsi dan menjaga ritme pembelajaran.

Oleh karena itu, bagi anda orangtua Anak Berkebutuhan Khusus yang sedang mencari Shadow Teacher untuk ananda, atau anda sedang merintis untuk menjadi Shadow Teacher Profesional. Silakan pahami inti dari 4 komitmen ini, dan terapkan sesuai kebutuhan anda.

Komitmen Mengikuti Ritual

Setiap orangtua, sekolah, atau lembaga memiliki strategi masing-masing untuk mengawal kebutuhan anak/muridnya. Untuk itu, ada ritual-ritual tertentu yang harus diikuti calon Shadow Teacher.

Sabri Learning Process memiliki beberapa ritual yang wajib dilaksanakan setiap anggota tim di dalamnya, sebagai bagian dari komitmen. Ritual tersebut adalah Training, Meeting, Teaching, dan Social Responsibility.
 
1. Training
Setiap calon Shadow Teacher akan melewati serangkaian pelatihan dan magang untuk memahami lebih detil lagi secara teori dan praktek tentang Anak Berkebutuhan Khusus. Tujuannya supaya ketika terjun di lapangan Shadow Teacher bisa lebih tenang dalam bersikap dan mengambil keputusan teknis.

2. Meeting
Di Sabri Learning Process, Shadow Teacher tidak berkewajiban untuk masuk kantor setiap hari, melainkan hanya diwajibkan untuk mengikuti beberapa rapat yang sifatnya personal dan memiliki tujuan-tujuan spesifik. Hal ini penting sekali untuk menjamin efektifitas kerja dari masing-masing Shadow Teacher di lapangan 

3. Teaching
Durasi, Jumlah sesi, dan Waktu pembelajaran dari masing-masing murid akan berbeda. Hal ini penting supaya kita bisa memberikan sesi belajar yang efektif bagi ananda, tentunya dengan berbagai pertimbangan teknis seperti usia, target akademik, target tumbuh-kembang, jam tidur, durasi konsentrasi, dan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi sesi belajar anak. 

4. Social Responsibility
Seperti disebutkan sebelumnya, tidak semua orang memahami Anak Berkebutuhan Khusus, dan tidak semua orang memiliki akses, waktu, dan biaya yang dibutuhkan untuk mempelajari ilmunya. Oleh karena itu, Sabri Learning Process juga mewajibkan setiap Shadow Teacher yang sudah berpengalaman lebih dari 1 (satu) tahun untuk ikut berperan aktif dalam memberikan konsultasi, dan menyelenggarakan seminar dan workshop di sekolah-sekolah secara gratis.

Komitmen Mengikuti RaBun

Diantara rapat yang diadakan di Sabri Learning Process, satu rapat yang paling penting adalah Rapat Bulanan atau kita singkat RaBun. Oleh karena itu, komitmen setiap Shadow Teacher dalam mengikuti RaBun kita minta komitmennya secara tersendiri terkait prosedur di dalamnya.

RaBun wajib diadakan 1(satu) bulan 1 kali, dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Durasi 1 jam setiap murid
2. Kirimkan laporan dan dokumentasi setiap materi sebelum RaBun berlangsung

Menyusun program belajar Anak Berkebutuhan Khusus yang tepat sasaran setiap bulannya membutuhkan fokus dan pertimbangan yang menyeluruh dari banyak aspek. Oleh karena itu, kedua syarat tersebut dibutuhkan untuk bisa memberikan penilaian yang objektif, sekaligus menentukan program belajar di bulan selanjutnya.

Komitmen Disiplin Administrasi

Di Sabri Learning Process, kita berusaha membuat sistem administrasi yang sangat sederhana sehingga bisa dipahami dan dijalankan dengan baik oleh semua pihak, karena bagaimanapun juga sistem ini dibutuhkan untuk menjamin transparansi dan menghindari kesalahpahaman.

1. Yellow Progress
Sabri Learning Process hanya mengakui satu kertas administrasi, yang kita beri nama Yellow Progress. Kertas ini berisi data absensi, sekaligus juga program belajar dalam 1(satu) bulan tertentu. Shadow Teacher akan membawa kertas ini setiap jam mengajar, dan pihak Orangtua dan Sekolah memiliki akses untuk melihat kertas ini.

2. Dokumentasi
Sabri Learning Process berusaha mencatat setiap progress ke dalam jejak digital, seperti dalam bentuk Foto / video. 1 Dokumentasi terpilih akan di-upload ke Sosial Media resmi Sabri Learning Process dan dituliskan perjalanan program belajarnya ke dalam artikel. Semua ini dilakukan dengan tetap menjaga kerahasiaan identitas murid.

3. Laporan perkembangan
Sabri Learning Process bukanlah lembaga psikolog maupun terapis bersertifikasi, dan lebih kepada support system bagi orangtua dan sekolah dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus. Oleh karena itu, setiap laporan yang kami keluarkan sifatnya sesuai permintaan pihak terkait, dan berbentuk narasi yang berisi perjalanan perkembangan tumbuh kembang ananda di 1 bulan terakhir.

Komitmen Disiplin Ajar

Perjalanan seorang Shadow Teacher dengan setiap murid memakan waktu yang tidak sedikit, dan membutuhkan keyakinan yang tinggi dari semua pihak untuk bisa mempercayakan hal tersebut pada 1 orang tertentu.

Oleh karena itu, seorang Shadow Teacher harus bisa memberikan konsistensi yang tinggi selama mengajar, dan Sabri Learning Process mengajarkan hal tersebut pada setiap Shadow Teacher dengan komitmen disiplin mengajar, yaitu :

1. Menjaga tutur kata, perilaku, dan berpakaian sopan selama mengajar
2. Datang tepat waktu, dan konfirmasi jika tidak memungkinkan tepat waktu 
3. Mudah dihubungi, dan segera menghubungi kembali jika sedang tidak bisa dihubungi

Konsultasi gratis! Klik link ini

Sabri Learning Process hadir memberikan konsultasi gratis, terapi di rumah, dan pendampingan intensif terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya dan Sidoarjo.

Sejak tahun 2013 sampai dengan 2020, sudah 7 tahun kami melakukan Terapi ABK dan Pendampingan Shadow Teacher di Sekolah terhadap ratusan murid Anak Berkebutuhan Khusus kami, dengan berbagai hambatan tumbuh kembang mulai dari keterlambatan bicara, permasalahan gadget, sampai dengan Autism (ASD), ADHD, Learning Difficulties, Down Syndrome, dan masih banyak lagi.

Keunggulan kami ada di materi pelatihan dan pembelajaran, dimana kami memberikan materi yang berbeda untuk setiap murid ABK, yang disesuaikan setiap bulannya menurut kebutuhan dan gaya belajar anak.

Salah satu program utama kami adalah Home Training. Home Training adalah model terapi ABK yang sedang diminati di era New Normal seperti saat ini, khususnya di Surabaya dan Sidoarjo, dimana Shadow Teacher yang akan datang ke rumah murid untuk melakukan terapi.

Tunggu apa lagi? segera daftarkan anak anda melalui WA kami 082244822363 untuk memulai sesi terapi di Sabri Learning Process, dan mari bersama-sama kita tingkatkan kemampuan tumbuh kembang ananda.

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA