Tentang Sabri Learning Process (2)

By Fadjri Nur
Edited by Derekoo Irfan Amanullah



Program pendidikan dan pelatihan untuk anak berkebutuhan khusus di kota besar seperti Surabaya ini terbilang cukup banyak. Salah satunya adalah Sabri Learning Process yang hadir dengan program-program terbaik, diantaranya adalah program Home Training.

Anak berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian penuh. Tidak hanya dari lingkungan keluarga saja, namun pihak-pihak lain seperti sekolah dan tim konsultan pendidikan juga berperan dalam perkembangan anak.

Salah satunya Sabri datang dengan program menarik untuk anak berkebutuhan khusus, dimana pembelajaran yang Sabri berikan tidak hanya melulu masalah anak harus bisa A, B, dan C. Namun disini Sabri hadir dengan memberikan materi secara bertahap pada setiap anak, materi yang diberikan antar siswa pun dirancang secara berbeda karena Sabri lebih mengedepankan proses anak dalam belajar dan berlatih.

Klik di sini untuk menonton materi-materi yang diberikan Sabri Learning Process saat Home training.

Terkadang orang tua merasa tidak percaya dengan pihak lain untuk menangani putra-putri istimewa mereka. Disini Sabri memiliki banyak sekali metode dan ritual yang dapat diterapkan pada anak, salah satunya dengan melatih artikulasi yang membutuhkan ritual oral secara konsisten. Pendekatan yang dilakukan pengajar merupakan salah satu kunci bagaimana anak bisa nyaman dengan gurunya, sehingga metode pembelajaran 1 siswa 1 guru dirasa tepat dan efektif.

Anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) memang tidak bisa disamakan dengan anak tipikal, karena mereka memiliki hambatan-hambatan secara syaraf dan fisik yang membuat tumbuh-kembangnya terlambat.

Salah satu hambatan tumbuh-kembang yang dimiliki ABK adalah kesulitan untuk fokus, dimana anak mudah terganggu konsentrasi belajarnya, dan harus diingatkan terus untuk duduk tenang dan memperhatikan guru.

Kondisi tersebut yang membuat terapi ABK idealnya memerlukan ruang belajar yang tenang dan nyaman, serta didukung dengan konsep belajar mengajar yang terfokus, 1 guru 1 murid.

Namun demikian, pandemi COVID-19 yang masuk ke Indonesia telah membuat sistem pendidikan bergeser ke sistem online dan belajar di rumah masing-masing. 

Sehingga terapi ABK yang tadinya dapat terlaksana dengan baik di tempat terapi, klinik, dan rumah sakit telah berhenti total sejak Maret 2020 dengan alasan kesehatan

Sabri Learning Process sebagai salah satu lembaga konsultan pendidikan ABK di Surabaya memberikan satu solusi terhadap kondisi tersebut. Program tersebut bertajuk Home Training, dimana Kakak-kakak dari Sabri Learning Process akan datang ke rumah dan melakukan terapi.


Setelah orangtua menelpon Hotline Sabri Learning Process atau DM di Instagram mereka di @sabrilearningprocess, tim dari Sabri Learning Process akan datang ke rumah anak dan melakukan interview mendalam ke orangtua.

Hasil interview itulah yang akan menjadi dasar penerapan terapi di rumah, dengan materi yang akan terus berkembang setiap bulannya sesuai dengan perkembangan ABK.

Terapi ABK yang dilakukan Sabri Learning Process sedikit berbeda dengan tempat terapi lainnya di Surabaya, karena pelaksanaannya di rumah, maka media belajar dan materi yang diberikan akan disesuaikan khusus supaya bisa terlaksana sesuai dengan tujuannya.

Ditambah lagi, dengan kondisi School From Home yang dicanangkan pemerintah, Sabri Learning Process akan ikut membantu menjaga fokus anak dan modifikasi soal agar anak bisa tetap mengikuti pelajaran selama pandemi. Sedangkan untuk ABK yang belum bisa mengikuti pelajaran, Sabri Learning Process juga memberikan opsi Homeschooling.

Harapannya, dengan adanya terapi ABK yang datang ke rumah, anak akan mengalami perkembangan meskipun hanya berkegiatan di rumah.

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA