Melatih Motorik Kasar Anak Usia 9 Tahun



Perkembangan motorik sangat penting terutama pada masa tumbuh dan kembang anak. Dengan melatih dan membiasakan keterampilan motorik, makaakan meningkatkan daya juang dan keaktifan gerak anak.  Dengan memperhatikan perkembangan motorik kasar anak, kita sebagai orang yang mendampingi akan dapat memahami karakter anak tersebut dengan melihat perkembangan yang cukup baik ataupun sebaliknya.  Mengingat pentingnya keterampilan motorik kasar bagi perkembangan anak,  maka sebagai pendidik perlu melatih keterampilan motorik kasar anak yang sesuai dengan usianya.

Motorik kasar adalah keterampilan yang menggunakan sebagian besar otot tubuh untuk melakukan gerakan seperti merangkak, berjalan, melempar, bersepeda, melompat, dan menendang. Perkembangan kemampuan itu bergantung kepada kekuatan otot dan perkembangan saraf anak. Keterampilan motorik kasar diperlukan sejak bayi, sebagai bagian dari tumbuh kembangnya, dan akan semakin berkembang seiring pertambahan usianya.

Muhammad Gama Ramadhan, 9 tahun, adalah salah satu murid ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dari salah satu sekolah swasta di Surabaya. Menurut pengamatan kami untuk perkembangan motorik kasar yang dimiliki Ananda sesuai dengan tahapan dalam melatih motorik kasar, Ananda masih banyak hal yang harus dilatih. Untuk tahapan yang pertama yaitu keseimbangan. Dalam hal berjalan gama sudah cukup baik seperti aktifitas berjalan. Hanya saja saat berjalan di jalan raya masih harus diingatkan peraturan berjalan di jalan raya seperti berjalan sebelah kiri, menghindari lubang, dan tidak berlari. Dalam bermain diketinggian Ananda juga sudah cukup berani walaupun untuk yang pertama kali harus didampingi saat mencoba.

Yang kedua yaitu kekuatan. Dalam hal melempar dan menendang, Ananda sekarang sudah cukup kuat seperti menendang dan memasukkan bola ke gawang dalam jarak dekat sekitar 1m. Saat melempar pun sudah cukup bagus walaupun jika jarak terlalu jauh lebih dari 1m, bola tidak sampai ke tujuan pelemparan. Dalam kegiatan merangkai menggunakan sedotan dengan letak warna sesuai keinginan, Ananda juga cukup mampu untuk melakukan.

Dan yang terakhir ketangkasan. Saat bermain mengempit balon, Ananda sudah bisa untuk mengikuti peraturan yang ada dalam bermain. Misalnya jarak yang ditentukan 1m lalu balon dimasukkan ke dalam ember, Ananda sudah bisa melaksanakan peraturan tersebut. Untuk kegiatan bersepeda, Ananda masih harus belajar mengendarai dengan lurus tidak berbelok-belok serta dijelaskan mengenai petunjuk & peraturan saat bersepeda di jalan raya.

Perkembangan motorik kasar Ananda saat ini dengan saat kelas 1 ananda sudah banyak sekali kemajuan. Seperti halnya mengancing baju, memakai kaos kaki, dan resleting celana. Saat baru pertama kali ganti baju setelah olahraga, Ananda masih bingung bagaimana memakainya. Dengan dilakukan pendampingan seperti memperlihatkan video cara memakai baju  yang benar Ananda dapat mempraktekannya dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun saat praktik yang pertama kali masih membutuhkan bimbingan, saat sudah berulang kali dilakukan maka anak sudah bisa memakainya dengan mandiri. Hal tersebut sama seperti kegiatan motoric kasar lain yang masih butuh pengenalan dan bimbingan dalam melakukannya. 

Dalam situasi pandemik saat ini kegiatan sekolah Ananda dilakukan secara daring (online) sehingga Ananda memiliki banyak hal yang dapat mengembangkan motorik kasarnya didampingi orangtuanya. Kegiatan tersebut seperti merangkai sedotan dengan tali, bersepeda, merapikan tempat tidur, menyiram tanaman, dan beberapa kegiatan lainnya yang mendukung motorik kasar Ananda.

Dengan banyaknya perkembangan motorik kasar Ananda saat ini dan juga latihan yang dilakukan secara konsisten, Ananda sudah bisa lebih mandiri dan tidak bergantung terhadap orang lain. Ananda juga lebih percaya diri saat ingin melakukan hal baru.
 

Sabri Learning Process hadir memberikan terapi dan pendampingan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus di Surabaya dan Sidoarjo. Sejak tahun 2013 sampai dengan 2020, sudah 7 tahun kami melakukan Terapi ABK dan Pendampingan Shadow Teacher di Sekolah terhadap ratusan murid Anak Berkebutuhan Khusus kami, dengan berbagai hambatan tumbuh kembang mulai dari keterlambatan bicara, permasalahan gadget, sampai dengan Autism (ASD), ADHD, Learning Difficulties, Down Syndrome, dan masih banyak lagi.

Keunggulan kami ada di materi pelatihan dan pembelajaran, dimana kami memberikan materi yang berbeda untuk setiap murid ABK, yang disesuaikan setiap bulannya menurut kebutuhan dan gaya belajar anak.

Salah satu program utama kami adalah Home Training. Home Training adalah model terapi ABK yang sedang diminati di era New Normal seperti saat ini, khususnya di Surabaya dan Sidoarjo, dimana Shadow Teacher yang akan datang ke rumah murid untuk melakukan terapi.

Tunggu apa lagi? segera daftarkan anak anda di WA kami 082244822363 untuk memulai terapi rumah anda bersama Sabri Learning Process, dan mari bersama-sama kita tingkatkan kemampuan tumbuh kembang ananda.

By: Almayszaroh Nurrahayu

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA