Kesan dan Pesan Salah Satu Murid Setelah Ikut Bimbingan

By Andrew, salah satu murid Sabri Learning Process.



Saya sudah belajar bersama Pak Joineer selama 2 tahun sekarang sejak saya masih SMA di Sekolah Ciputra ketika saya kelas 9 pada tahun 2018 sebelum pindah ke homeschooling di DNA (Destiny Noble Academy) setelah 20 tahun belajar di Sekolah Ciputra, saya merasa baik, senang, dan serius dengan dia, tetapi sampai sekarang ini saya tidak suka dengan dia dan Pak Joineer adalah guru yang sangat membantu menurut aku dan dia sudah pintar menjadi shadow teacher untuk mempelajari aku karena penjelasannya lebih spesifik dan tegas. 

Dia adalah shadow teacher yang bisa mengajar Bahasa Indonesia, Matematika, Olahraga dan lain-lain karena tujuannya adalah membuat aku seorang pintar dan sehat.   

Pikirannya dia itu lengkap dan sangat membantu. Ketika saya di kelas 9 pada tahun 2018, saya mulai belajar bersama Pak Joineer sepanjang hari dalam kelas di sekolah dan di rumah di dalam berbagai mata pelajaran yang kita pelajari dan saya susah banget di beberapa mata pelajaran maka orangtuaku telah mencari guru yang bisa membantu aku dalam beberapa mata pelajaran sejak kelas 6 SD di Ciputra. 

Di dalam kelas dia sering membantu aku dalam kesulitan dalam topik yang sedang dipelajari di sekolah supaya aku bisa mengerjakan tugasnya dan juga untuk dimengerti padahal topik yang kami belajar itu susah banget. 

Kalau Pak Joineer belajar itu, saya merasa itu sangat baik dan serius karena dia membantuku, dia mencoba menjelaskan yang lebih spesifik dan secara tegas contohnya cara membuat PowerPoint COVID 19 dan caranya aku harus mencari info di internet terkait dengan ini atau itu, lalu membuat PPT, gambarnya di copy paste ke slide, dan lain-lain, ini sering dilakukan. 

Dalam beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, saya bisa belajar sendiri dan itu juga mata pelajaran yang saya suka. Dia juga mengajarkan aku tentang rutinitas sehari-hari seperti menyikat gigi, mandi, atau pemanasan, saya merasa baik-baik saja karena saya tahu cara menyikat gigi, mandi, mencuci tangan, dan lain-lain, saya melakukan itu setiap hari. 

Selama 2 tahun saya belajar sama dia itu saya pernah bohong-bohong kepada dia seperti ketika aku tidak mengerjakan tugas tetapi mendapat nilai ternyata tidak maka aku dihukum wajib berlari 80 kali tetapi aku tidak kuat maka aku harus mengerjakan tugas. Di sekolah, mata pelajaran yang susah adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Humanities, Design, dan lain-lain, karena sejak aku kelas 1 itu saya tidak tau apa yang harus dilakukan karena ada kesulitan dalam topik yang dipelajari lalu aku perlu bantuan sama gurunya. 

7 tahun kemudian saya perlu shadow teacher sempat saya kelas 6 SD di Ciputra. Belajar bersama Pak Joineer itu memang serius suasananya tetapi dia juga sahabatku dan telah menjadi shadow teacher yang sangat baik sejak dia mengajar siswa yang lain. 

Dalam dua tahun terakhir ketika aku belajar bersama Pak Joineer, dia tidak pernah marah, juga tidak pernah bohong. Di saat Pandemi COVID 19 saya belajar dari rumah dengan buku-buku pelajaran yang dari Homeschooling DNA, saya bermandiri dalam les terapinya tanpa pembantuan maka dia senang melihatkan aku berkerja di dalam buku sendiri Yang saya suka dari dia adalah aku suka untuk bercerita dengan dia tentang misalnya weekend di luar kota atau liburan di Aussie karena membuat kami senang juga menarik tetapi yang saya tidak suka adalah berolaraga seperti renang atau lari karena itu membuat aku keringatan, memang olahraga pergerakan fisik itu lebih sehat jadi mau atau tidak aku harus berolahraga setiap hari seperti aku bersepeda setengah jam, angkat besi 40 kali. 

Pada beberapa minggu yang lalu, saya malas berkerja PowerPoint terkait dengan COVID 19, lalu dia suru aku berolahraga pemanasan lalu berlari 80 kali tetapi aku tidak sampai jadi saya tidak suka badanku kerinagatan tetapi itu sehat. 

Dari semuanya, belajar bersama Pak Joineer itu memang baik untuk menjadi anak yang sukses maupun sehat, dia merasa serius kepada aku juga jelasannya lebih spesifik, itu yang membuat saya sangat membantu juga membuat dia seorang yang pintar. Bukan hanya itu tetapi Pak Joineer itu juga orang yang sabar menurut aku. 

Setiap hari kalau aku belajar, saya merasa tegas kepadanya karena memang belajar itu serius tetapi topik yang dipelajari di sekolah itu susah dan aku merasa tidak tau lalu Pak Joineer ke mejaku. Lalu dia menjelaskan bagaimana mengerjakannya dengan lengkap lalu aku masih tidak tau lalu dia menjelaskan lagi dengan tegas, itu yang membuat dia guru yang sangat membantu, saya merasa cukup baik kalau dia sering membantu aku menjelaskan apa yang dilakukan. 

Ketika kita memiliki kursus berenang di beberapa clubhouse, saya senang karena segar tetapi sampai sekarang saya tidak menyukainya. Ketika dia mengajari saya cara berenang seperti itu, saya takut karena saya menganggap bahwa airnya terlalu dalam dan saya mungkin akan tenggelam. 

Selain itu kami berolahraga dan berlari di dalam ruang tamu, saya merasa lebih senang daripada berlari di luar rumahku karena terlalu panas dan saya merasa sangat berkeringat maka aku tidak terlalu suka dengan olahraga fisik. Ketika kita ke kebun binatang yang bersama teman-temannya, aku sangat senang tetapi aku tidak suka dekat sama binatangnya, dua tahun lalu Pak Joineer mengajak aku ke KBS untuk melihat binatang terus aku merasa senang karena pemandangannya juga suasananya lain. 

Di beberapa mata pelajaran yang paling susah menurut aku itu dia saling membantu untuk menyelesaikan tugas di sekolahnya saya merasa itu seperti aku masih bingung apa yang dilakukan karena susah topiknya, memang kalau dia membantu aku untuk belajar bagaimana, apa yang harus dilakukan itu membuat aku menyukai dia juga merasa dia rajin, dia telah punya banyak uang karena dia rajin dan pintar menjadi shadow teacher untuk mengajari aku. 

Dia belajar dengan tegas, jelasannya lebih spesifik yang bisa membantu untuk dimengerti. Ketika saya pindah ke homeschooling 2 tahun lagi sebelum les terapi bersama Pak Joineer dihentikan, saya merasa bahwa saya tidak memerlukan shadow teacher lagi karena topik dan mata pelajaran di sana lebih mudah daripada di sekolahnya. 

Di dalam kelas, terutama Bahasa Indonesia dan Matematika, dia bisa akan mengajar aku dengan penjelasan lengkap juga lebih tegas karena dia lebih pintar dalam mempelajari Bahasa Indonesia dan Matematika saya merasa dia itu rajin banget memang teorinya sangat membantu. 

Ketika saya mulai pindah ke homeschooling di Destiny Noble Academy (DNA) pada bulan September 2018, Pak Joineer hanya bisa les terapi di dalam rumahku setelah pulang sekolah setiap hari Rabu dan Kamis. Dalam les terapi, kita telah belajar untuk mencerita, membuat artikel atau membuat PowerPoint. 

Bukan hanya itu, tetapi juga belajar untuk hidup sehat seperti berolahraga. Saat les terapi, saya merasa cukup senang untuk mencerita tentang liburanku dan weekend. Selain itu kita juga belajar berlari dan renang. 

Saya merasa tidak senang karena olahraga itu bisa membuat badanku keringatan dan lelah, memang olahraga itu sehat karena hidup sehat itu butuh melakukan penggerakan fisik. Belajar di rumah atau les terapi di rumah bersama Pak Joineer, saya merasa nyaman, santai seperti di rumah, biasanya di dalam les itu saya mencerita dengan dia tentang liburan, mengerjakan tugas yang dia sudah dibagikan di dalam ruang tamu. 

Setelah semua bekerja dan berolahraga di dalam les terapi itu, saya merasa aku tidak suka sama Pak Joineer lagi maka papaku sudah diusahakan untuk les bersama Pak Joineer dihentikan. Seminggu lagi sebelum dihentikan, Pak Joineer merasa sedih karena aku tidak akan mau les bersama dia lagi dan saya merasa senang untuk itu. Saya merasa bangga padanya menjadi guru pendamping selama dua tahun lalu untuk mengajari aku dan saya merasa baik sekali kepadanya.

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA