Tugas Shadow Teacher di Jam Olahraga

By Derekoo Irfan Amanullah


Yuk kita bahas sedikit soal teknis bagaimana tugas shadow teacher di lapangan, tepatnya di lapangan sekolah. Tidak semua anak berkebutuhan khusus mampu mengikuti pelajaran olahraga di sekolah seperti teman-teman sekelasnya, dan untuk anak berkebutuhan khusus yang demikian, shadow teacher berperan besar dalam memberikan materi fisik yang sesuai kemampuan ananda.

Kali ini kita akan bicara tentang permainan melempar dan menangkap bola. Ada 3 poin yang harus kita perhatikan di permainan ini, yaitu bola, kemampuan melempar, dan kemampuan menangkap. Mari kita bahas satu persatu.

Bola

Ketika seorang Shadow Teacher mengajak anak berkebutuhan khusus bermain lempar tangkap bola, kemungkinan besar muridnya tersebut memiliki hambatan di kemampuan motoriknya. Artinya, kita juga harus memperhatikan bola apa yang digunakan untuk bermain lempar tangkap. Untuk anak yang memiliki kesulitan di area  motorik, pilih bola yang memiliki kriteria sebagai berikut :
1. Ukuran yang pas ketika dipegang dengan kedua tangan, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil.
2. Bobot yang cukup berat, karena bobot yang terlalu ringan akan membuat anak lebih sulit melempar bola tersebut.
3. Tekstur yang padat dan kesat, karena anak yang memiliki hambatan di motorik halus akan lebih susah menerima tekstur yang licin dan basah.

Kemampuan Melempar

Jika bola yang digunakan sudah memenuhi syarat, saatnya melempar. Untuk latihan awal, jangan arahkan anak untuk melempar ke target tertentu terlebih dahulu, biarkan dia puas melempar sekuat tenaga tanpa ada beban untuk mengarahan ke satu titik tertentu, dari situ baru nanti kita naikkan tingkat kesulitannya secara bertahap.

Kemampuan Menangkap

Untuk anak berkebutuhan khusus, kita harus membedakan kemampuan melempar dengan kemampuan menangkap. Berikan tugas yang sederhana ketika mengajarkan anak untuk menangkap, mulai dari posisi duduk dan menangkap bola yang menggelinding, atau bisa juga dimulai dari menangkap balon yang dilambungkan shadow teacher di udara, dan kita tingkatkan kesulitannya dari situ.

3 poin tersebut merupakan tolak ukur mendasar yang harus diperhatikan oleh shadow teacher ketika bermain lempar tangkap bola di jam olahraga, agar anak berkebutuhan khusus tetap nyaman bermain bersama teman-teman sekelasnya selama jam pelajaran tapi dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Shadow Teaching merupakan salah satu program utama Sabri Learning Process, dengan area kerja di Surabaya dan sekitarnya. Silakan hubungi kami untuk informasi dan pendaftaran. 

Komentar

BACA TULISAN LAINNYA